子供スクールガイダンスで個人入門

Bimbingan dan konseling merupakan salah satu bimbingan bidang pelayanan yang perlu di laksanakan di dalam program pendidikan. ガイダンスやカウンセリングのプログラムです教育される実装の1つに必要なフィールドサービスの指導。 Kebutuhan pelaksanaan bimbingan dan konseling berlatar belakang beberapa aspek, yaitu aspek psikologi, sosiologi, kultural, pendadogis . ガイダンスとの背景の側面のいくつかの実装のニーズにカウンセリング、pendadogis文化、アスペクトの心理学、社会学、。 Diantara latar belakang Psikologis, dalam proses pendidikan di sekolah siswa-siswa sebagai subjek didik, merupakan pribadi-pribadi yang unik dengan sgala karakteristiknya perkembangan, memiliki kebutuhan dan dinamika dalam interaksinya dengan lingkungan. Sebagai pribadi yang unik terdapat perbedaan individual antara siswa yang satu dengan siswa yang lainnya. 背景の中で心理学、学生生徒の科目の学校工程での教育、環境固有の個人とは栄光、開発の特性、ニーズとの相互作用とダイナミクスの学生としての存在ているいずれかの学生が独自の間の性格の違いは、個々の他の人。 Di samping itu siswa sebagai pelajar. Timbulnya masalah-masalah psikologis menuntut adanya upaya pemecahan melalui layanan bimbingan dan konseling. また、学習者、学生。心理的な問題の発生率は、サービスのカウンセリングやガイダンスが必要解決の努力を介して。 Berikut ini akan diuraikan mengenai beberapa masalah psikologis yang merupakan latar belakang perlunya bimbingan dan konseling di sekolah diantaranya masalah perkembangan individu, masalah perbedaan individu, masalah kebutuhan individu, masalah penyesuaian diri, masalah belajar. 次の違いは個人の意志の問題が開発精緻にいくつかの心理的な問題であったの個々の指導の背景必要カウンセリングの問題などで学校、調整の問題は、問題の個々のニーズ、問題を学習。

Latar belakang pedagogies. 背景教授法。 Sesuai dengan tujuan pemerintah .pendidikan diartikan sebagai sesuatu usaha sadar untuk mengembangkan kepribadian yang berlangsung seumur hidup. 教育目的で応じて、政府の一生続きます定義さとしての性格を開発する何かを意識的に努力。 Sedangkan GBHN adalah “untuk meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, kecerdasan, keterampilan, mempertinggi budi pekerti, mencintai tanah air. 知能が、ガイドラインは全能の神への献身です”に増やすには、スキルは、水の強化の愛を、文字を。

Agar dapat menumbuhkan manusia-manusia pembangunan yang dapat membangun dirinya serta bersama-sama bertanggung jawab atas membangun bangsa. ために国を育てる開発を構築するための責任を人間が共同ですることができますだけでなく、開発自体を。 Untuk menuju tercapainya pribadi yang berkembang secara menyeluruh yang tidak halnya pada intelektual. 知的場合のためにするために開発を徹底的に到達されていません成果を個人。 Akan tetapi meliputi pada semua aspek Perkembangan anak. しかし、子どもの発達の側面のすべてをカバーします。 Secara dinamis masih nampak gejala bahwa anak didik belum mencapai prestasi belajar secara optimal hal ini nampak antara lain gajala : Putus sekolah, tinggal kelas, lambat belajar, berprestasi rendah, kekurangan masyarakat terhadap hasil pendidikan, dan sebagainya. 動的まだ目に見える症状は学生が学習成績最適持っていないに達したgajala物事を間にあるアクセス他:クラスライブ、遅い学習、低成績、不足のコミュニティの成果の教育に学校エンドなど。 Demikian juga secara sosial ada kecendrungan anak didik belum memiliki kemampuan penyesuaian sosial secara memadai. 同様に、調整さ傾向が社会的に社会的なプロテジェがない達成した。 Sehubungan dengan hal itu, layanan bimbingan dirasakan amat berperan dalam membantu proses dan pencapaian tujuan pendidikan secara paripurna diantaranya pendidikan peran guru . 接続では、このサービスは目標感じた教育関係は非常に完全な達成のプロセスをコーチングに役立つ教育の教師の役割が含まれます。

Dalam proses belajar matematika ada juga suatu kendala baik dari faktor dalam maupun dari faktor luar. 数学の勉強過程では要因の制約の要因良い内でも外から。 Disini saya akan membahas dan menguraikan mengenai cara memberikan bimbingan pada anak yang malas belajar matematika . ここでは、議論され、数学を学ぶために怠惰な子供に手の込んだ指導を行う方法について。

1. 1。 Karakteristik Sekolah Dasar 学校プライマリ特性

Sekolah Dasar adalah jenjang pendidikan yang dapat ditempuh selepas dari taman kanak-kanak atau bahkan dapat di jalani lansung tanpa adanya proses pendidikan sebelumnya. 小学校は、プロセス、以前の教育が達成できるレベルの教育後にもや幼稚園に直接せずにリード。 Dan tujuannya adalah seperti yang telah tercantum pada latar belakang masalah maka dapat disimpulkan bahwa tujuan umum pendidikan di tingkat Sekolah Dasar adalah memberikan bekal kemampuan dasar kepada peserta didik untuk : そして目標は、レベルの学生の基本的なスキルを与えるものの学校は小学校としてので、することができます問題の記載された背景に教育の一般目標は、推定される:

1. Mengembangkan dirinya sebagai pribadi, anggota masyarakat, warga negara dan anggota seluruh ummat manusia. 個人として自分自身を開発、レース人間のメンバーの公開、全市民とメンバの。
2. Mempersiapkan peserta didik untuk melanjutkan ketingkat pendidikan menengah. 準備の学生が中等教育レベルをの続けている。

2. 2。 Peserta Didik 教育し参加者

Peserta didik ditingkat sekolah dasar berkisar 6 hingga 12 tahun yang sedang mengalami tahap perkembangan anak-anak dan memasuki masa remaja awal. Setelah menyelesaikan pada tingkat ini maka mereka berada pada tahap perkembangan memasuki masa remaja. 小学校レベルの学生は、思春期の間であった6 12歳の段階が発生して発達さ人の子供早期に挿入します。思春期にこの後仕上げレベルで開発さで彼らはその後の段階。 Tahap perkembangan anak-anak usia SD merupakan dimana mereka mempersiapkan dirinya untuk kelangsungan hidupnya kelak dalam menghadapi tugas perkembangannya. 年齢の子供の学校の開発段階での主な仕事ですどこに開発のの顔の生存の将来のために自分を彼らは準備中です。

3. 3。 Pengertian Bimbingan dan Konseling. 定義カウンセリングの指導と。

Pelayanan bimbingan dan konseling merupakan kegiatan yang terprogram dan berkelanjutan. Hal ini mengandung makna bahwa kegiatan bimbingan dan konseling bukanlah kegiatan tanpa rencana dan seadanya, baik menyangkut waktu pelayanan, isi kegiatan, sarana dan prasarana, maupun personil yang terlihat, akan tetapi merupakan kegiatan yang direncanakan secara khusus dengan pertimbangan berbagai kebutuhan dan tuntutan yang ada disekolah dimana kegiatan konseling itu berlangsung. ガイダンスやカウンセリングサービスの活動持続可能なプログラムと、これは時間を意味は、指導やカウンセリングサービスを計画する活動はしないことなく、即興の関連の両方の活動、活動内容、施設、インフラ、人事の活動と表示、計画がの具体的に学校を考慮様々なニーズ既存のと要求をどこに取る場所をカウンセリング活動。

Menurut Arthur J. Jによると、アーサー Jones yang dikutip Dewa Ketut Sukardi menyebutkan: “Bimbingan adalah bantuan yang diberikan oleh seseorang kepada orang lain dalam menetapkan pilihan dan penyesuaian diri, serta dalam memecahkan masalah. Bimbingan bertujuan membantu penerimaan secara bebas dan mampu bertanggungjawab terhadap dirinya sendiri”. ジョーンズはSukardiをKetutされた引用出羽言った:”ガイダンスは、ガイダンスですバイヘルプ指定された人1自己の選択との別のセット調整だけでなく、問題を解決する。受け入れを支援することを目的無料と自分自身に責任があることができる。” (1998:8) (1998:8)

Sedangkan pengertian konseling adalah suatu proses untuk mengadakan perubahan pada diri anak. 子供の概念の中にカウンセリングさを変更するプロセス。 Perubahan itu sendiri ada dasarnya, yaitu menimbulkan suatu yang baru sebelumnya belum ada atau belum berkembang. が未かが存在する基本的に変更するになっていない自分自身を、その新しく追加された原因のいずれかです。 Jadi, perubahan adalah keadaan yang menyatakan adanya sesuatu yang lain dari keadaan sebelumnya. したがって、状態の変化以前のよりも、他のは何かあったが状態と主張した。 Mengubah adalah berusaha agar sesuatu menjadi lain dari keadaan semula. 変更の状態、元の以外のものになるがしようとする。 Perubahan pada diri klien itu ternyata ada sesuatu yang lain dibanding keadaan terdahulu. クライアントの変更の状態以前より何か他のことになってアウトに。

Adapun tujuan pokok konseling adalah membantu murid memperoleh identitas dirinya sebagai landasan pokok untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dalam keseluruhan kehidupan pribadinya. 目標のカウンセリング主体の生活の個人的彼はでの生活学生に役立つのニーズを総合的に会うの基盤として取得する基本的なアイデンティティを。 Dengan demikian setelah pelaksanaan penyuluhan berakhir, diharapkan tersuluh (klien/conselee) memperoleh konsep yang memadai mengenai : したがって、拡張子を実装した後終了すると、それが関連するクライアントが期待tersuluh(/概念をconselee)適切な取得:

* Dirinya sendiri 彼女自身
* Orang lain disekitarnya その他の周囲の人々
* Pendapat orang lain mengenai dirinya の意見については、彼の人々その他:
* Tujuan-tujuan dan harapan-harapan yang mudah dicapai 目標との期待が達成される簡単
* Kepercayaan terhadap dirinya 自分自身の信頼性

Sedangkan hubungan Bimbingan dan Konseling adalah merupakan kegiatan yang integral, keduanya tidak dapat dipisahkan. 分離が関係ガイダンスとされるカウンセリングは不可欠な活動の両方ではなく、することができますがします。 Oleh karena itu, perkataan guidance selalu dirangkaikan dengan konseling merupakan salah satu jenis teknik pelayanan bimbingan diantara pelayanan-pelayanan lainnya, dan sering dikatakan sebagai inti dari seluruh pelayanan dalam bimbingan. したがって、指導の言葉がカウンセリングさと相まって、常にとの間で他のサービスの技術支援型のサービスの1つは、しばしば指導サービス内のすべてのコアの説明。

Kegiatan bimbingan secara keseluruhan harus mencakup : 総合指導活動を含める必要があります:

* Bimbingan pribadi プライベートレッスン
* Bimbingan social 社会の指導
* Bimbingan belajar チューター
* Bimbingan karier キャリアガイダンス

Dalam penelitian ini bimbingan yang akan dispesifikkan adalah jenis layanan lain yang berfungsi sebagai pendukung bimbingan dan konseling yang bersifat bimbingan pribadi dari guru kelas/wali kelas terhadap peserta didik. Layanan ini mencakup Layanan orientasi dan informasi. れるガイダンスはが指定では、研究、このカウンセリング支援指導として提供他のタイプのサービス学習クラスから個人カウンセリング教師に担任の先生/これらのサービスは、サービスを含むオリエンテーションと情報。

4. 4。 Bagian Bimbingan dan Konseling ガイダンスとカウンセリング節

1. Fungsi bimbingan dan Konseling とカウンセリングガイダンス機能の

Bimbingan dan pendidikan hampir memiliki definisi yang sama dan hanya dapat dibedakan secara teoritis saja karena pelakuan yang diberikan oleh guru disekolah meliputi beberapa bantuan yaitu: 指導、教育とほぼ同じ定義を持って学校ができます教師のみである識別は理論的にでためだけ与えpelakuanは:含まれていくつかの支援、すなわち

1. Menolong anak dalam kesulitan belajar 学習困難の子どもたちを助ける
2. Berusaha memberikan pelajaran yang sesuai dengan minat dan kecakapan anak-anak 子どもの能力や興味を持つしよう与えるに従ってレッスンを
3. Memberi nasehat kepada anak yang akan berhenti dari sekolah アドバイス子供は学校の外にドロップされる
4. Memberi petunjuk kepada anak anak yang akan melanjutkan pendidikannya, dan sebagainya. 第ので、引き続き与える子どもの指導を彼の教育を、と。

Semua hal diatas dilakukan oleh guru tersebut dapat juga disebut bimbingan, dengan demikian dapat dikatakan bahwa bimbingan adalah segala usaha yang menyangkut kependidikan yang dilakukan oleh guru. 全てのカウンセリングの上記の行わは、教師と呼ばれるも可能性がありますので、それは努力のすべてのことがいわれているガイダンスは、関連する教育の教師が行った。 Namun demikian, meskipun bimbingan menyangkut aspek dari kegiatan, hendaknya perlu diperhatikan bahwa pendidikan dan bimbingan berbeda dalam tujuan dan prosesnya. しかし、が活動に関する側面を指導プロセスと目的に必要される価値が注目異なっている指導は、教育と。 Karena bimbingan bimbingan banyak berhubungan dengan factor-faktor diluar individu, yang berguna bagi individu tersebut usaha pengembangan diri. ための開発努力ロット自己個人の場合に便利で、個別指導カウンセリング関連する要因の外。

2. Jenis-jenis Bimbingan 指導の種類

Terdapat berbagai macam jenis bimbingan yang dapat diberikan kepada siswa disekolah khususnya siswa sekolah dasar. ある学生は、小学校の特に与えられていることができる種類は様々な指導の学生の学校。 Dan layanan ini diberikan secara kontak lansung dengan peserta didik diantaranya adalah: また、このサービスは、学生との接触に直接提供されている:

1. Layanan orientasai : Bimbingan tengan lingkungan baru sekolah yang mereka masuki Orientasaiサービス:新しい環境、彼らが属しているチューターの中学校
2. Layanana Imformasi : Bimbingan pemberian imformasi tentang pendidikan dan sekolah lanjutan 横にLayanana は:横に学校や教育を提供する指導について
3. Layanan penempatan dan penyaluran: Pengaturan tentang kegiatan belajar seperti kelompok dan jurusan. 配置と配布サービス:主要なグループとしての活動をこのような設定の学習。
4. Layanan Pembelajaran : Membimbing siswa dalam menentukan kebiasaan belajar, materi pelajaran dan kesulitan dalam belajar サービスラーニング:学習習慣を決定的学生ガイディング、学習教材と学習困難
5. Layanan Konseling perorangan : Pemecahan permasalahan pribadi siswa yang dilakukan secara tatap muka 個々のカウンセリングサービス:顔を-顔の解決を実施個人的な問題を学生
6. Layanan bimbingan kelompok : Bimbingan yang diberilkan tentang pokok bahasan yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari yang diberikan secara kelompok グループカウンセリングサービス:ガイダンス、指定されたグループdiberilkanでの生活について被験者の日常に関連している
7. Layanan konseling kelompok : Pembahasan masalah-masalah pribadi yang dibahas secara berkelompok. グループカウンセリングサービス:ディスカッショングループ議論におけるている問題の個人。

3. Faktor Pendukung Bimbingan dan Konseling 要因支援ガイダンスとカウンセリング

Selain aktivitas diatas, dalam bimbingan dan konseling dapat dilakukan kegiatan lain yang kita anggap sebagai kegiatan pendukung. カウンセリング、活動に上記のほかに指導活動を支援するように我々がみなすことができることが活動を行う他の。 Adapaun kegiatan pendukung tersebut adalah: Adapaun支援活動があります:

1. Applikasi instrumentasi bimbingan dan konseling : Menyangkut pengumpulan data tentang peserta didik baik melalui tes atau non-tes. アプリケーションの計装指導やカウンセリング:テストテストまたは非営利的活動の両方についての学生についてはコレクションをのデータ。
2. Penyelenggaraan himpunan data : Kegiatan pengumpulan data atau keterangan yang relevan dengan keperluan pengembangan peserta didik. 動作データセットの数:データ収集活動や情報の学習を開発する必要性に関連する。
3. Konfrensi kasus: Membahas permasalahan yang dialami oleh peserta didik yang dilakukan dalam suatu forum yang terbatas dan tertutup ケース会議:フォーラム閉鎖に議論し、限られた状態で実行する問題を経験し、学生
4. Kunjungan rumah : Kunjungan yang dilakukan dalam rangka penuntasan kasus yang dilakukan guru dan bekerja sama dengan orang tua atau anggota keluarga siswa. 家庭訪問:訪問学生のメンバーの家族の場合は実施でき完了との接続でのコラボレーションを持つ親や教師。
5. Alih tangan kasus: Pemindahan penangan kasus pada pihak yang lebih ahli dalm penangan permasahan siswa. ケース手の上:転送の場合の処理のブレースメントのがより専門的パーティハンドラpermasahan学生。
6. Faktor pendukung ini tidak boleh menggangu atau mengurang intensitas dan frequensi pelaksanaan jenis bimbingan yang lebih utama. これらのサポート要因が干渉しないか、または指導低減強度の種類の主流以上の実装の周波数と。

1. 1。 Prisip-prinsip Bimbingan dan Konseling disekolah. 原則ガイダンスとカウンセリング学校です。

a. Åの Prisip yang bekenaan dengan sasaran layanan: オハイオ州は、ターゲットサービスbekenaan対象:

* Bimbingan dan konseling melayani semua individu tanpa memandang umur, jenis kelamin, suku, agama, dan satus social ekonomi. ガイダンスやカウンセリングサービス個人に関係なく、すべての宗教の年齢、性別、民族、社会経済サトゥス。
* Bimbingan dan konseling berhubungan dengan pribadi dan tingkah laku yang unik dan dinamik ガイダンスとカウンセリングダイナミック関連する個人的な、ユニークな行動
* Bimbingan dan konseling memperhatikan sepenuhnya tahap dan berbagai aspek perkembangan individu ガイダンスとカウンセリングのフェーズと完全に開発の側面を個々の様々な検討
* Bimbingan dan konseling memberikan perhatian utama kepada perbedaan individual yang merupakan orientasi pokok pelayanannya ガイダンスとカウンセリングは、サービスの基本的な方向性が違い、個々の主な注意を与える

A. Åの Prinsip Berkenaan Dengan Permasalahan Individu. 原則の問題個々の関連しています。

Bimbingan dan konseling yang berhubungan dengan hal-hal yang menyangkut pengaruh kondisi mental/fisik individu terhadap penyesuaian dirinya dirumah, disekolah, serta dalam kaitannya dalam kontak social dan pekerjaan dan sebaliknya pengaruh lingkungan terhadap kondisi mental dan fisik individu. Kesenjangan sosial, ekonomi, dan kebudayaan merupakan faktor timbulnya masalah pada diri individu yang kesemuanya menjadi perhatian utma pelayan bimbingan dan konseling. ガイダンスとカウンセリング自身に対して個別に調整の物理的な精神状態 /影響事項に係る関係家庭で、学校でだけでなく、個人の状態で用語の社会との接触に精神的、物理的な効果やその逆の環境の仕事とはギャップの社会、経済、文化カウンセリング指導utmaのウェイターの要因の1つでの注目になる問題が、個々の自己。 Prisip-prinsip berkenaan Dengan program layanan. Bimbingan dan konseling harus diarahkan untuk pengembangan individu yang akhirnya mampu membimbing diri sendiri dalam menghadapi permasalahannya. Dalam proses bimbingan dan konseling keputusan yang diambil dan akan dilakukan oleh individu itu sendiri, bukan karena kemauan atau desakan dari pembimbing atau pihak lain. カウンセリングと指導原則にと尊敬のサービスプログラム。問題に直面して自分自身を導く必要がありますすることができる最終的には個人開発の監督に。、カウンセリングの決定とはプロセスの指導の撮影、自分自身、個人となることに行われていないためか、または上司や主張の相手方。 Permasalahan individu harus ditangani oleh tenaga ahli dalam bidang yang relevan dengan permasalahan yang dihadapi. 個々の問題が問題に関連する処理しなければならない分野で、専門家に直面した。

Kerja sama antara guru pembimbing, guru-guru lain dan orang tua sangat menentukan hasil pelayanan bimbingan. 協力教師の間の監督は、他の教師や親が実際にサービスのカウンセリングの結果を決定します。 Pengembangan program pelayanan bimbingan dan konseling ditempuh melalui pemanfaatan yang maksimal dari hasil pengukuran dan azas-azas bimbingan dan konseling di sekolah. 開発プログラムの指導やカウンセリングサービスの学校での指導に最適な利用を介して実施の原則の測定結果とカウンセリング。 Pemenuhan terhadap azas-azas bimbingan dan konseling akan memperlancar pelaksanaan bimbingan dan konseling disekolah, Adapun azas-azas tersebut meliputi: カウンセリングとガイダンスの原則に準拠などの原則は、学校やカウンセリング促進する実装の指導:

* Azas kerahasiaan, pembimbing harus memelihara kerahasiaan data dan keterangan tentang siswa yang menjadi sasaran layanan. 守秘義務は、カウンセラーは、サービスのターゲットにならなければならない維持学生に関する情報や機密性をのデータ。
* Azas kesukarelaan, adanya kesukaan dan kerelaan peserta didik dalam menerima layanan. 受信サービスを原則のボランティア、プレゼンスと喜び、学生の意欲。
Azas keterbukaan, Peserta didik diharapkan bersikap terbuka dan tidak berpura-pura, baik dalam memberikan keterangan tentang dirinya maupun dalam menerima berbagai macam informasi dan materi yang berguna bagi pengembangan dirinya. 原則はオープンで、学習者は、開発と開いていることが予想さふりを自己のための材料と、のいずれかに役立つ情報様々なの提供についての情報を受信自身またはインチ
* Azas kegiatan, adanya partisipasi peserta didik secara aktif dalam penyelenggaraan layanan atau kegiatan bimbingan dan konseling yang diperuntukkan baginya. 原理の活動は、学習者は、彼が宛てのカウンセリングを積極的に参加し、指導の組織活動やサービスの。
* Azas kemandirian, peserta didik diharapkan menjadi individu-individu yang mandiri dengan cirri-ciri mengenang dan dan menerima diri sendiri dan lingkungannya, mampu mengambil keputusan, mengarahkan dan mewujudkan dirinya sendiri 原則は独立の、学習者は、意思決定をすることができるになって期待されて独立した個人と、特性と思い出し、受け入れ環境彼と自分自身を、監督は、自分自身を実現する
* Azas kekinian, menghubungkan permasalahan yang telah berlalu dan masa depan dengan keadaan yang terjadi sekarang. 原則現代の状況とリンクして問題が生じて渡された今起こっており、将来は。
* Azas kedinamisan, layanan yang diberikan terhadap peserta didik hendaknya bergerak maju, tidak monoton dan terus berkembang serta berkelanjutan sesuai dengan kebutuhan dan tahap perkembangannya dari waktu ke waktu. 原則は、ダイナミズムの、サービスは時間を提供する時間が学生である前進ではなく、単調から成長の持続可能なステージとニーズに基づいています。
* Azas keterpaduan, adanya kordinasi dari guru maupun pihak lain yang saling menunjang, harmonis dan terpadu. 原則アライメント、教師の調整と調和と統合、他の当事者である補完。
* Azas normatif, segala bimbingan dan layanan yang diberikan tidak boleh bertentangan dengan norma-norma yang ada, seperti norma agama, adat istiadat, ilmu pengetahuan dan kebiasaan yang berlaku. 規範の原則は、すべての援助とサービスを提供する必要がありますは規制の税関、科学、税関と競合する既存の規範など、宗教的な規範。 Akan teapi peserta didik diharapkan dapat meningkatkan kemampuannya dalam memahami, menghayati dan mengamalkan norma-norma tersebut. ウィルはteapi学習、理解能力は、が期待改善するために感謝し、規範を実践する、これらの。
* Azas keahlian, layanan yang dilakukan harus dilakukan secara profesionalisme sehingga dibutuhkan guru yang profesional. 原則は専門のサービスが行わ教師専門家の必要が要求される実施プロフェッショナリズムように。
* Azas alih tangan, jika pemberi bimbingan sudah tidak mampu menangani (klien) nya maka harus dialih tangankan pada seseorang yang lebih ahli. 原理の手で、専門家の寄贈者の場合はもっとです指導しないことができるの取り扱い誰かに超える必要があります(クライアント)左手をクリックすると変換します。
* Azas tut wuri handayani, bimbingan dan layanan yang diberikan harus mampu mengayomi (memberikan rasa aman), mengembangkan keteladanan, memberikan ransangan dan dorongan serta kesempatan yang seluas-luasnya kepada peserta didik (klien) untuk lebih maju. ツタンカーメンwuri handayani原則、指導サービスが提供高度な複数の)クライアントをする必要があります可能であるの保護(学生(提供のセキュリティを最も機会)にモデルを提供する開発だけでなく、励ましを刺激。

2. 2。 Layanan Orientasi サービスオリエンテーション

Layanan orientasi adalah layanan yang diberikan kepada siswa SD yang baru, dan jika perlu melalui orang tua siswa guna memberikan pemahaman dan memungkinkan penyesuaian diri terhadap lingkungan sekolah yang baru dimasukinya. Hasil yang diharapkan dalam layanan orientasi adalah di permudah nya penyesuaian diri siswa terhadap pola kehidupan social, kegiatan belajardan kegiatan sekolah lain yang mendukung keberhasilan siswa. サービス指向を許可している学校の小学校サービスを提供する新しい学生の場合、必要に応じを通じて、両親を提供するための洞察とに環境に新しい学校適応。結果は生活社会にある期待されるサービス指向のパターンですもっと簡単に調整する’学生成功を学び、他の学校の活動をサポートする学生。 Fungsi utama bimbingan yang didukung oleh layanan orientasi ialah fungsi pemahaman dan pencegahan. サービス指向ではサポートさ指導の主な機能は、予防の理解とされる関数です。 Pelayanan ini dilakukan diawal masuk sekolah dan mencakup berbagai macam layanan yaitu: このサービスは、すなわち、サービスの学校で行われ始め、様々なのカバー:

* Orientasi umum sekolah yang baru dimasuki 新しい学校の一般的な方向を入力する
* Orientasi kelas baru dan semester baru オリエンテーション1学期の新しいクラス、新しい
* Orientasi kelas terakhir, UAS dan UAN. 最後のクラスオリエンテーション、UASはとUAN。

3. 3。 Layanan Informasi 情報サービス

Menurut Prayetno, ( 1997: 76) “Layanan informasi adalah layanan yang bertujuan membekali siswa dengan berbagai pengetahuan dan pemahaman tentang berbagai hal yang berguna untuk mengenal diri, merencanakan dan mengembangkan pola kehidupan anggota keluarga dan masyarakat”. 社会生活によるとPrayetnoを、(1997:76)”との家族の情報パターンに役立つ様々なの目指している理解と装備の学生を知識しているサービスは、サービスをものと開発する計画を知っている自分を。” Pemahaman yang diperoleh layanan informasi digunakan sebagai bahan acuan dalam meningkatkan kegiatan dan prestasi belajar, mengembangkan cita-cita menyelenggarakan hidup sehari-hari dan mengambil keputusan. 得られた理解は、理想の開発活動と成果は、使用される資料参照のサービス向上、学習生活を開催毎日決定を下す。

o Materi umum layanan informasi meliputi: 公共の材料情報サービスが含まれます:
o Informasi pengembangan pribadi 個人的な開発情報
o Informasi kurikulum dan proses belajar mengajar 情報プロセスを上にカリキュラムや授業の学習-
o Informasi sekolah lanjutan スクール情報
o Informasi jabatan (awal/sederhana) 情報局(簡単な初期/)
o Informasi lingkungan (kehidupan keluarga, sosial kemasyarakatan, keberagaman, sosial budaya, dan lingkungan lainnya. 情報環境(家庭生活、社会、市民、多様性、社会、文化、他の環境。

Pelayanan bimbingan orientasi dan imformasi dapat disampaikan dengan cara yang sama yaitu ceramah, tanya jawab dan diskusi dan dapat dilengkapi dengan peragaan, selebaran dan peninjauan ketempat tempat yang dimaksud seperti ruang kelas, perpustakaan, laboratorium dan lain-lain. サービスの横方向と指導の場所を参照することができますが配信のと同じように講義では、質問とすることができますディスカッション答え装備デモ、レビューはチラシ、どこで、などのような教室、図書館、研究室。

Secara yuridis keberadaan konselor dalam system pendidikan nasional dinyatakan sebagai salah satu kualifikasi pendidik, sejajar dengan kualifikasi guru, dosen, pamong belajar, tutor, widyaiswara, fasilitator dan instruktur (UU No. 20/2003, pasal 1 ayat 6). 司法、教育制度、国家のカウンセラーの存在が)の6項は、一つとして記載さ1の記事家庭教師、資格教育、平行して資格の教師、講師、市民学習上級講師、ファシリテーター、インストラクター(法第2003分の20。 Namun pengakuan secara eksplisit dan kesejajaran posisi antara kualifikasi tenaga pendidik satu dengan yang lainnya tidak menghilangkan arti bahwa setiap tenaga pendidik, termasuk konselor, memiliki konteks tugas, ekspektasi kinerja, dan setting pelayanan spesifik yang satu sama lain mengandung keunikan dan perbedaan. しかし、アライメント位置の間のいずれかからの教師の資格との認識は、明示的に別の、期待、パフォーマンスは必要なすべての教育者は、その意味を含む、カウンセラー、あるタスクのコンテキストは、違いを一意と設定を含む、他の特定のサービスを、各。 Oleh sebab itu, di dalam naskah ini konteks dan ekspektasi kinerja guru bimbingan dan konseling (yang di dalam naskah ini disebut konselor) mendapatkan penegasan kembali dengan maksud untuk meluruskan kembali konsep dan praktik bimbingan dan konseling ke arah yang tepat. したがって、コンテキストで、この原稿と(カウンセリング期待の教師のパフォーマンス指導、どのスクリプトでこのカウンセラーと呼ばれる)方向に右にカウンセリング指導の実践を目的と概念の再編成再確認を取得します。 Jika di dalam Permendiknas No. 場合ナンバーのPermendiknas 23/2006 dirumuskan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang harus dicapai peserta didik melalui proses pembelajaran bidang studi, maka kompetensi peserta didik yang harus dikembangkan melalui pelayanan bimbingan dan konseling adalah kompetensi kemandirian untuk mewujudkan diri (self actualization) dan pengembangan kapasitasnya (capacity development) yang dapat mendukung pencapaian kompetensi lulusan. 卒業生能力の基準)を策定2006分の23は、(SKL)のフィールドを学生の学習プロセスのを通じて達成する必要があります研究とカウンセリング、指導を通じて開発される能力は、学習者が必要開発能力がサービスの容量(の独立性を実現自身(自己)と実現開発の能力それは能力の達成をサポートすることができます。 Sebaliknya, kesuksesan peserta didik dalam mencapai SKL akan secara signifikan menunjang terwujudnya pengembangan kemandirian. 達成SKL学習者の成功は、逆に、独立するの開発の実現をサポートして大幅に。 Dalam hal ini kerjasama antara konselor dengan guru merupakan suatu keharusan. 場合、この教師カウンセラーの協力の間に必要です。

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s